Popular Posts


-----
Syaikhul islam ibnu Taimiyyah berkata
قال رحمه الله: ( إن نفس اللغة من الدين و ومعرفتها فرض واجب فإن فهم الكتاب والسنة : فرض , ولا يفهم إلا بفهم اللغة العربية , ومالا يتم الواجب إلا به فهو واجب .
ثم قال:
ثم منها ما هو واجبٌ على الأعيان،ومنها ما هو واجبٌ على الكفاية)
الاقتضاء 207.
Artinya" Sesungguhnya bahasa arab hakikatnya adalah bagian inti dari agama , sedangkan berilmu tentangnya merupakan sebuah kewajiban dan fardhu..karena faham akan AlQur’an dan as sunnah adalah fardhu atau wajib dan keduanya tidak mungkin dipahami kecuali dengan belajar Bahasa Arab..karena kewajiban yg tidak dapat dipenuhi kecuali dengan satu hal maka hukum satu hal itu adalah wajib pula..sehingga ada yg menjadi fardhu ain..Adapula yang fardhu kifayah..yakni apabila sudah memenuhi kebutuhan maka tidak wajib bagi yg lain." (AL IQTIDHA' HAL.207)
ما جهل الناس، ولا اختلفوا إلا لتركهم لسان العرب "
Imam As-Syafii berkata :"Manusia itu tidaklah menjadi awam akan agamanya, dan tidaklah mereka suka berceri berai kecuali karena mereka meninggalkan bahasa arab."
Sesungguhnya Islam datang dengan bahasa arab. Dengannya pula diwahyukan AlQuran. Dengannya pula sunnah sunnah diriwayatkan. Dengannya pula agama kita memiliki kesatuan dan persatuan tiada bandingannya.
Karena bahasa arab adalah bahasa yang mulia dan sangat orisinil. Tak mungkin seseorang bisa merubahnya walau hanya satu huruf. Tidak ada pertentangan sesamanya dari masa ke masa. Dan bahasa yang paling banyak didapati di setiap penjuru dunia.
"Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya."(AlHijr : 9)
Ibadah kita semua dengan bahasa Arab..
Mulai Shalat kita dan zikir zikirnya..
Doa doa ..
Ibadah haji...
Membaca AlQur’an. .
Membaca hadits Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.
Maka, betapa meruginya orang yang menyia nyiakan masa mudanya untuk tidak belajar bahasa arab. Ibadahnya tidak ia pahami...padahal bahasa Asing ia gemari..
Maka niatkanlah belajar bahasa arab..dan pergilah mencari kajian kajiannya..jangan sampai kita merugi dan menyesal di masa tua kelak.
Semoga kita dimudahkan belajar bahasa arab.

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.